Perbedaan antara Row dan Column pada ms Excel


Bagi kalian yang masih bingun antara Row (Baris) dan Column (Kolom) disini kita akan membahas apa sih Row dan Column dan apa perbedaannya. Baik kita langsung saja ke pengertiannya masing-masing

1. Pengertian Row (baris) pada excel

Jika kita terjemahkan row kedalam bahasa Indonesia maka mempunyai arti baris. Nah jika pada excel row ini mempunyai arti sebagai baris yang melintang secara horizontal(mendatar). Dan setiap baris ini mempunyai masing-masing angka di sisi sebelah kiri menggunakan bilangan 1,2,3, dst.


2. Pengertian column

Setelah kita tahu apa itu row/baris maka sekarang kita juga harus tahu apa itu column. Jika kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia, column ini mempunyai arti kolom. Nah di dalam exel ini yang di maksud dengan kolom yaitu bagian worksheet yang melintang secara vertika (tegak lurus). Jika tadi baris melintang secara horizontal(mendatar) maka kolom ini melintang secara vertika(tegak lurus). Dan untuk kolom ini juga mempunyai nama di masing-masing kolomnnya, teteapi pemberian nama pada setiap kolom ini tidak seperti pada baris yang menggunakan angka tetapi kolom ini menggunakan huruf alphabet.

 



Itu lah masing-masing pengertian dari Row dan Column pada  exel. Semoga kalian bisa membedakan yang mana baris dan yang mana kolom. Setelah kalian tahu apa itu baris dan apa itu kolom sekarang ada juga nih yang namannya cell. Apa sih cell itu? Nah biar kalian gak bingung langsung aja kita ke pengertiannya. 

3. Pengertian cell pada excel

Dalam pengertiannya cell itu adalah sebuah kotak kecil pada worksheet yang merupakan titik pertemuan atara baris dan kolom. Jadi misalkan ada baris dan kolom yang beririsan maka itu lah yang disebut cell atau sell. Kalian perlu tau juga nih, untuk penamaan cell sendiri ada aturannya. Jadi kita menyebutkan kolom terlebih dahulu kemudian baris.




Pada contoh cell atas yaitu berada di kolom D dan baris ke-7 pada worksheet dan cell tersebut mempunyai alamat atau identitas D7. Kalian harus bener-bener paham nih tentang cell agar memudahkan kalian ketika membuat formula yang akan kalian buat.


Nah kalian juga harus tahu nih ada juga yang namanya range. Nah apasih range itu???

4. Pengertian range

Kata renge jika di artikan kedalam bahasa Indonesia mempunyai arti rentang. Nah jika didalam excel sendiri range itu adalah kumpulan cell pada worksheet baik itu satu atau beberapa baris dan kolom.


 



Jadi pada contoh gambar diatas merupakan range/rentang yang dimulai dari C7 sampai F14 . dan untuk menandakan bahwa itu adalah range dari C7 sampai F14 maka kita memakai titik dua ( : ).


Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs


PASTE KODE IKLANMU DISINI

Baca Juga:

Langganan Via Email
Copyright © | by: Me