Buat kalian yang lagi bekerja menggunakan Excel kalian perlu tau nih tips yang bisa mempermudah kalian dalam mengolah data pada Excel. Salah satu command yang bisa kalian gunakan dan tentunya bisa mempermudah kalian dalam menyelesaikan kerjaan kalian dalam menggunakan Excel. Salah satunya yang akan kita bahas kali ini yaitu form. Form ini tentunya akan memudahkan kita dalam urusan mengolah data. jika secara manual kita harus memasukan data kedalam cell satu persatu maka dengan form ini dapat memudahkannya. Kelebihan yang lain dari form ini bisa menghemat watku dan juga menambah keakuratan data. ok kita langsung saja praktekan supaya lebih mengerti.
1. Cara membuat form
Pertama kalian perlu membuat label dan data pada row pertama. Label sendiri berguna untuk memberi keterangan pada data yang di inpukan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Excel untuk menentukan mana data dan mana label pada form yang akan kita buat.
2. Jika kalian belum memasukan command form pada Quick Access Toolbar kalian bisa langsung memasukannya dengan cara seperti berikut. Pertama kalian bisa masuk ke file > kemudian pilih options > Quick Access Toolbar > cari command form > add > ok .
3. Setelah kalian membuat label, data awal dan memasukan form pada Quick Access Toolbar. Sekarang kalian tinggal pilih cell yang ada data mana saja untuk kalian buat formnya.
Setelah itu maka akan muncul form input yang bisa kita gunakan untuk mengedit seperti menambah data, menghapus data dan masih banyak lagi.
Nah jadi deh form entri yang kalian bisa manfaatkan supaya bisa mempermudah pekerjaan kalian. Sebenernya form entri ini terlihat seperti biasa saja dan secara manualpun kita bisa memasukan data dengan lebih mudah juga. Tetapi jika kita bekerja dengan Excel dengan cangkupan data yang lebih besar maka form entri ini sangat worth it sekali, selain bisa mempercepat dalam waktu pengerjaan form entri ini juga bisa memperkecil salah input.
Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs